Beranda | Artikel
Seri Faidah Kitab Tauhid [7]
Senin, 1 Agustus 2016

Bismillah.

Alhamdulillah pada kesempatan ini kita bisa berjumpa kembali dalam seri faidah Kitab Tauhid karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah.

Pada bagian-bagian sebelumnya, kita telah mengetahui dari ayat-ayat yang dibawakan oleh beliau bahwasanya tauhid memiliki kedudukan yang sangat agung di dalam Islam. Diantaranya adalah dikarenakan :

– Tauhid adalah hikmah/tujuan diciptakannya jin dan manusia
– Ibadah kepada Allah tidak sah jika tidak disertai dengan mengingkari sesembahan selain-Nya
– Wajibnya mengesakan Allah dalam beribadah
– Wajibnya memurnikan ibadah untuk Allah dan mengingkari segala sesembahan selain-Nya
– Peringatan keras dari syirik dengan segala bentuknya

(lihat keterangan-keterangan ini dalam al-Jadid fi Syarh Kitab at-Tauhid)

Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah dalam keterangannya menjelaskan bahwasanya dari ayat yang dibawakan oleh penulis -Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab- dalam surat an-Nahl ayat 36 dapat dipetik pelajaran bahwasanya tugas segenap rasul dan pengikut mereka adalah untuk mendakwahkan tauhid dan melarang dari syirik (lihat al-Mulakhash, hal. 11)

Syaikh al-Fauzan juga menegaskan, bahwasanya berdasarkan ayat yang dibawakan oleh penulis dalam surat al-Israa’ ayat 23 terkandung faidah bahwa tauhid merupakan hak yang paling utama untuk ditunaikan dan kewajiban yang paling wajib (lihat al-Mulakhash, hal. 13)

Sebagaimana di dalam ayat yang dibawakan penulis dalam surat an-Nisaa’ ayat 36 terkandung penjelasan tafsir dari tauhid; bahwasanya hakikat tauhid itu adalah beribadah kepada Allah semata dan meninggalkan syirik (lihat al-Mulakhash, hal. 15)

Di dalam ayat ke-151 dari surat al-An’am yang dibawakan oleh penulis terkandung pelajaran penting bahwasanya syirik adalah keharaman yang paling besar. Konsekuensi dari hal ini adalah bahwa tauhid menjadi kewajiban yang paling wajib (lihat al-Mulakhash, hal. 18)

Demikian sedikit faidah yang bisa kami rangkum dalam kesempatan ini. Semoga Allah mencurahkan kepada kita taufik kepada ilmu yang bermanfaat dan amal salih.

Info Donasi :


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/seri-faidah-kitab-tauhid-7/